Fungsi mobile marketing

Mobile/ponsel merupakan salah satu sarana untuk melakukan pemasaran. Dalam perkembangannya mobile marketing memiliki beberapa fungsi.

A.mobile advertising
Philip kotler menyarankan untuk menggunakan perangkat yang berhungan dengan media massa seperti tv, radio, dan lain-lain dalam kaitannya dengan advertising.  Namun seiring perkembangannya advertising biasa dilakukan dengan sebuah perangkat mobile yang tidak bersifat masal.
B.mobile sales promotion
Sales promotion adalah aktivitas komukasi pemasaran yang digunakan untuk mendorong terjadinya perdagangan atau mendorong end customer untuk membeli produk atau jasa, atau melalukan tindakan tertentu akibat dari bertambahnya nilai dari persepsi terhadap produk yang sedang dipromosikan
C.mobile direct marketing
Direct  marketing berhubungan dengan komunikasi langsung dengan segmentasi konsumen tertentu untuk mendapatkan reaksi langsung dari konsumen dan untuk mendapatkan loyalitas pelanggan. Dengan munculnya komunikasi one to one dalam dunia marketing, perusahaan-perusahaan meningkatkan direct markrting-nya untuk mendapatkan loyalitas customer dengan melakukan komunikasi yang lebih personal.
D.mobile CRM (customer relation management)
Meskipun tidak ada ketentuan mengenai jenis CRM yang seharusnya dilakukan oleh perusahaan, me-manage customer relationship menjadi salah satu aktivitas yang  penting bagi mereka. Dengan alasan inilah komunikasi one to one dilakukan dan komunikasi melalui media massa secara bertahap digantikan dengan komunikasi yang lebih personal dan lebih fokus melalui media mobile.

Komentar